Portal Puskesmas Kota Depok

UPTD Puskesmas Mampang
Puskesmas
  • Puskesmas Mampang
2021-03-25 13:48:04

Hari Tuberkulosis Sedunia, Puskesmas Mampang Lakukan Wawar Penyuluhan Keliling

  • Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) 2021 yang mengusung tema "Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa dari Tuberkulosis", Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mampang melakukan kegiatan Wawar Penyuluhan Keliling serta pembagian masker kepada warga yang dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2021 di wilayah kelurahan Mampang Depok. 

    "Dengan menerapkan gaya hidup bersih dan sehat kita bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit Tuberkulosis (TBC), seperti olahraga teratur, tidak merokok, makan makanan bergizi, membuka jendela agar rumah mendapatkan sinar matahari dan menjemur alas tidur agar tidak lembab," ujar Petugas Promosi Kesehatan, Ajeng Pratiwi pada Rabu (24/03/2021). 

    Ajeng menjelaskan bahwa penyuluhan ini dilakukan agar masyarakat mengetahui cara pencegahan dan gejala yang timbul apabila ada warga yang terkena penyakit TBC. "Jika warga menemukan informasi ada tetangga, saudara, atau teman dekatnya yang bergejala seperti batuk terus menerus, demam tinggi, dan sesak nafas agar segera melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat," tuturnya. 

    "Apabila ada warga yang melaporkan, petugas kesehatan Puskesmas Mampang akan menghubungi warga yang dilaporkan untuk melakukan pengecekan selanjutnya," pungkasnya. 

    Ajeng berharap agar masyarakat bisa menghapus stigma negatif terhadap pasien TBC karena pada dasarnya penyakit menular ini dapat dicegah apabila pasien minum obat teratur dan menerapkan etika batuk yang benar.

    Penulis: Ajeng Pratiwi, SKM 

Download File